Kebahagiaan Bisa Membuat Anda Panjang Umur

Menjalani kehidupan selalu dengan rasa bahagia ternyata tidak hanya mampu meningkatkan kualitas hidup anda. Menurut sebuah studi baru di Inggris, ilmuwan menemukan fakta bahwa kebahagiaan juga meningkatkan kuantitas hidup anda. Dalam studi tersebut ditemukan fakta hingga 35% Orang tua lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal, jika mereka melaporkan merasa senang, bersemangat, dalam menjalani hari-hari. Ini benar-benar terjadi meskipun dalam penelitian beberapa faktor seperti penyakit kronis, depresi, keamaan diluar dikesampingkan.

"Kami berharap bahwa kita bisa melihat hubungan antara bagaimana orang merasa bahagia dalam menjalani hari dan mortalitas masa depan mereka, namun kami dikejutkan oleh seberapa kuat efek itu," kata Andrew Steptoe, PhD, peneliti dan seorang profesor psikologi di University College London, Inggris.
Penelitian sebelumnya tentang kebahagiaan dan umur panjang, sebagian besar bergantung pada kemampuan peserta untuk mengingat bagaimana mereka merasa selama periode waktu tertentu di masa lalu. Ingatan ini tidak selalu akurat, meskipun untuk mendapatkan persoalan ini Steptoe dan rekan-rekannya mewawancarai lebih dari 3.800 orang untuk merekam tingkat kebahagiaan mereka, kecemasan, dan emosi lainnya di empat waktu tertentu selama satu hari.

Para peserta, berusia antara 52 dan 79 saat studi dimulai, dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan bagaimana rasa bahagia dan sikap positif mereka. Meskipun dalam kelompok tersebut ada sedikit perbedaan pada beberapa tindakan (seperti usia, kekayaan, dan merokok), mereka sebanding dalam hal make up etnis, pendidikan, status pekerjaan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Lima tahun kemudian, 7% dari orang dalam kelompok paling bahagia telah meninggal, dibandingkan dengan hanya 4% pada kelompok yang paling bahagia dan 5% pada kelompok tengah.Ketika para peneliti dikendalikan untuk usia, depresi, penyakit kronis, perilaku kesehatan (seperti olahraga dan konsumsi alkohol), dan faktor sosial ekonomi, mereka menemukan orang yang paling bahagia dan merasa senang masing-masing 35% dan 20% lebih kecil kemungkinannya dibanding rekan-rekan mereka yang tidak bahagia.
Sarah Pressman, PhD, seorang profesor psikologi di University of Kansas, di Lawrence mengatakan hal ini mungkin tampak terlalu mengada-ada bahwa perasaan seseorang pada satu hari tertentu akan dapat memprediksi kemungkinan mereka mati dalam waktu dekat. Namun ada foto emosional yang telah menjadi bukti indikasi baik dari temperamen keseluruhan pada studi sebelumnya.

"Selalu ada ruang untuk kesalahan, tentu saja, jika saya mendapatkan tiket parkir atau rintisan jari saya pada cara untuk mempelajari, aku tidak akan menjadi sangat bahagia," kata tukang cetak, yang tidak terlibat dalam penelitian, tetapi penelitian dampak kebahagiaan pada kesehatan. "Tetapi mengingat bahwa studi bekerja, ini menunjukkan bahwa rata-rata, hari ini cukup khas untuk para peserta."

Berbeda dengan langkah-langkah kebahagiaan, gejala depresi tidak terkait dengan tingkat kematian setelah peneliti disesuaikan untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut penelitian, temuan ini menunjukkan bahwa tidak adanya kebahagiaan mungkin merupakan ukuran yang lebih penting kesehatan pada orang tua daripada kehadiran emosi negatif.
Emosi positif dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan fisik yang lebih baik dalam beberapa cara. Daerah otak yang terlibat dalam kebahagiaan juga terlibat dalam fungsi pembuluh darah dan peradangan, misalnya, dan penelitian menunjukkan bahwa tingkat hormon stres kortisol cenderung naik dan turun dengan emosi.
Penelitian ini tidak membuktikan bahwa kebahagiaan (atau kesedihan) secara langsung mempengaruhi umur, tetapi temuan menyiratkan bahwa para dokter dan perawat harus memperhatikan dekat dengan kesejahteraan emosional dari pasien yang lebih tua, para peneliti mengatakan. "Kami tidak akan mendukung dari penelitian ini yang mencoba untuk menjadi lebih bahagia akan memiliki manfaat kesehatan langsung," kata Steptoe.

Sumber: Health.com
Sumber image : gettyimages.com

No comments:

Post a Comment